Kholida Qothrunnada - detikBali
Kamis, 09 Mar 2023 12:24 WIB
Daftar Isi
- Iklan, slogan, dan poster adalah bentuk visual yang umum digunakan untuk menginformasikan serta mempromosikan merek dan produk. Meskipun ketiganya berbeda dalam bentuk dan penggunaannya, namun ada beberapa persamaan yang mendasar dalam konsep dan tujuannya.
Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa persamaan iklan slogan dengan poster dan bagaimana keduanya dapat digunakan secara efektif dalam strategi pemasaran.
Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster
Sebelum membahas lebih jauh tentang persamaan iklan slogan dengan poster, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari ketiga hal tersebut.
Baca artikel detikbali, "Apa Itu Iklan, Slogan, dan Poster? Berikut Persamaan serta Contohnya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-6609160/apa-itu-iklan-slogan-dan-poster-berikut-persamaan-serta-contohnya.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster
Sebelum membahas lebih jauh tentang persamaan iklan slogan dengan poster, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari ketiga hal tersebut.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Iklan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah pemberitahuan yang dipasang dalam media massa untuk khalayak atau tempat umum, mengenai barang atau jasa yang dijual. Iklan dapat berupa tulisan, gambar, audio, maupun video.
Dikutip e-journal.uajy.ac.id, tujuan iklan yaitu untuk menarik perhatian, mendorong/membujuk atau mempengaruhi pembacanya maupun perilaku konsumen agar membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu.
Jadi, pengertian dari iklan yaitu sarana komunikasi yang digunakan komunikator (perusahaan atau produsen) yang berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi mengenai barang atau jasa kepada publik, khususnya pelanggannya melalui suatu media massa.
Slogan
Slogan merupakan ungkapan atau perkataan singkat yang menarik, mencolok, serta mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi. Baik itu untuk mengiklankan sesuatu, ideologi golongan, organisasi, dan sebagainya.
Fungsi slogan adalah sebagai identitas atau jargon dari suatu merek atau kampanye iklan. Oleh karena itu, tujuan dari slogan yaitu untuk dapat membedakan merek maupun organisasi dari pesaing dan membangun pengenalan identitas yang lebih kuat.
Poster
Dikutip e-paper dalam file.upi.edu oleh Laksmi Dewi, poster merupakan media gambar yang bersifat persuasif karena menampilkan suatu tema yang menimbulkan perasaan kuat terhadap orang yang melihatnya. Poster digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau acara tertentu.
Biasanya, poster berisi gambar atau ilustrasi yang menarik perhatian, yang didukung oleh teks yang singkat dan mudah dipahami.
Persamaan Iklan Slogan dan Poster
Persamaan iklan, slogan, dengan poster adalah sebagai berikut.
Memiliki Pesan yang Singkat yang Menarik dan Mudah diingat
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa iklan, slogan, dan poster sama-sama menggunakan kata-kata sebagai salah satu unsur di dalamnya. Di mana, kata-katanya akan membawa pesan tertentu.
Oleh sebab itu, ciri khas kebahasaan iklan, slogan, dan poster adalah menarik, singkat, padat, jelas. Hal ini bertujuan untuk membuat pesan mudah diingat dan mudah diidentifikasi dengan merek atau produk tertentu.
Sifatnya Persuasif
Persamaan iklan, slogan, dengan poster yaitu Iklan, sama sama persuasif. Tujuan intinya sama, yakni membujuk khalayak umum untuk berbuat sesuatu atau agar memenuhi permintaan pemasang iklan.
Menampilkan Suatu Merek atau Produk
Menampilkan merek atau produk yang dipromosikan termasuk persamaan iklan, slogan, dan poster. Baik melalui gambar, teks, maupun kombinasi keduanya, iklan, slogan. dan poster akan berusaha untuk menarik perhatian publik dan membangun kesadaran merek tentang produk atau layanan yang ditawarkan.
Menampilkan Desain Visual yang Menarik
Selain pesan yang singkat dan mudah diingat, desain visual juga menjadi salah satu persamaan iklan serta poster. Keduanya menggunakan gambar, ilustrasi, warna, dan font yang menarik perhatian konsumen. Desain visual yang menarik dapat membuat iklan dan poster lebih efektif dalam menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
Meningkatkan Kesadaran Merek
Tujuan utama dari iklan, slogan, dan poster adalah untuk meningkatkan kesadaran merek tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menampilkan merek atau produk secara terus-menerus dan membangun pesan yang mudah diingat, iklan, slogan, dan poster dapat membantu membangun kesadaran merek yang kuat di kalangan konsumen.
Jadi, apa persamaan iklan slogan dengan poster? Jika disimpulkan jawabannya adalah sama-sama menggunakan kata-kata menarik, singkat, padat, jelas, dan mudah diingat, bersifat persuasif, menampilkan suatu merek ataupun produk yang dipromosikan, dan sebagai media komunikasi dan diskusi yang direspon masyarakat.
Contoh Masing-masing dari Iklan, Slogan, dan Poster
Contoh Iklan Produk
Foto: dok. Instagram @allobank
Contoh Iklan Makanan
Foto: dok. Instagram @banskinrobbinsid
Contoh Slogan
Contoh slogan pendidikan: "Pendidikan adalah salah satu pintu awal untuk meraih kesuksesan."
Contoh slogan lingkungan: "Menyelamatkan bumi itu sama saja dengan menyelamatkan diri kita."
Contoh Poster
Foto: dok. Canva
Foto: dok. Canva
Dari persamaan-persamaan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun iklan, slogan, dan poster memiliki bentuk yang berbeda, namun keduanya memiliki persamaan dalam konsep dan tujuannya dalam mempromosikan merek dan produk. Oleh karena itu, kombinasi iklan, slogan dan poster dapat digunakan secara efektif dalam strategi pemasaran maupun untuk memperkenalkan sesuatu.
Baca artikel detikbali, "Apa Itu Iklan, Slogan, dan Poster? Berikut Persamaan serta Contohnya" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-6609160/apa-itu-iklan-slogan-dan-poster-berikut-persamaan-serta-contohnya.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar